Kumpulan Laras Bahasa Lampung Post

kerja sama Kantor Bahasa Provinsi Lampung

PSSI

leave a comment »

Rabu, 03 Juli 2013

            Kisruh seputar dualisme kepengurusan sepak bola di tanah air sepertinya akan segera sirna. Ini terlihat dari keberhasilan PSSI menggelar Kongres Luar Biasa pada Minggu, 17 Maret 2013. Kongres ini bertujuan menghapus dualisme kepengurusan yang selama ini menghambat prestasi sepak bola Indonesia. Kongres Luar Biasa ini tak ubahnya oase yang dapat menyegarkan citra sepak bola Indonesia di mata dunia.

Siapa yang tidak mengenal PSSI? Saya yakin setiap orang yang mengaku pencinta sepak bola mengenal organisasi ini. Bahkan, sejak duduk di bangku SD, kita sudah dikenalkan pada berbagai singkatan dan akronim organisasi induk berbagai cabang olah raga yang ada di Indonesia. Sebut saja PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia), PBSI (Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia), Percasi (Persatuan Catur Seluruh Indonesia), dan masih banyak lagi. Pilihan kata yang digunakan sebagai singkatan dan akronim inilah yang menarik untuk diperbincangkan. Setidaknya ada dua kata yang kerap digunakan dalam singkatan dan akronim ini, yaitu Persatuan dan Seluruh.

Kata persatuan dalam KBBI merupakan sublema dari kata satu yang bermakna (1) gabungan (ikatan, kumpulan, dsb) beberapa bagian yang sudah bersatu; (2) perserikatan; serikat; (3) perihal bersatu. Kata seluruh memiliki kemiripan dengan kata semua, segala, sekalian, dan segenap, tetapi memiliki sedikit perbedaan arti dan penggunaan. Kata semua bermakna setiap anggota terkena atau termasuk dalam hitungan. Kata segala dipakai untuk mengacu pada benda yang beraneka ragam. Kata sekalian menyatakan keserentakan dan hanya digunakan untuk mengacu pada orang atau manusia. Kata segenap juga menyatakan makna semua, tetapi dalam pengertian kelengkapan. Kata segenap lebih mirip dengan kata seluruh. Perbedaannya ialah kata segenap biasanya diikuti oleh kata yang menyatakan manusia. Kata seluruh juga mengandung makna bahwa setiap anggota termasuk dalam hitungan, tetapi dalam pengertian kekelompokan atau kolektif.

Setelah memperhatikan makna kedua kata ini, muncul pertanyaan dalam benak saya, “Jika kata persatuan sudah mengandung makna ‘gabungan beberapa bagian yang sudah bersatu’, masihkah singkatan ini membutuhkan kata seluruh yang menerangkan bahwa setiap anggota termasuk dalam hitungan yang bersifat kolektif? Bagaimana jika kata seluruh dihilangkan saja sehingga PSSI berubah menjadi PSI (Persatuan Sepak bola Indonesia) atau PSBI (Persatuan Sepak Bola Indonesia)?” Ada dua alasan yang mendukung perubahan ini. Pertama, ditemukannya unsur mubazir dalam penggunaan kata. Kata persatuan dianggap telah mencakup gabungan dari seluruh tim sepak bola yang ada di Indonesia. Kedua, adanya unsur ketidakseragaman dalam pembentukan singkatan dan akronim. Hal ini terlihat dari beberapa singkatan dan akronim yang tidak menggunakan kata seluruh, contohnya PBI (Persatuan Bowling Indonesia), Perbakin (Persatuan Penembak Indonesia), Perpani (Persatuan Panahan Indonesia), dan Pertina (Persatuan Tinju Amatir Indonesia).

Teman saya mengomentari, “Apalah arti sebuah nama?”

“Tentu harus berarti” jawab saya. Kata persatuan menunjukkan bahwa organisasi ini tidak terpecah belah, tidak ada dualisme kepengurusan. Di sisi lain, apa fungsi kata seluruh jika timnas ternyata hanya dipilih dari beberapa klub sepak bola, dari kelompok tertentu dan tidak mewakili seluruh tim sepak bola yang diakui. Namun, yang paling penting dari semua ini adalah prestasi, baik di tingkat Asia, maupun dunia. Walau PSSI berganti menjadi PSI atau PSBI, tetapi minim prestasi, menurut saya pergantian ini akan sia-sia belaka.

Teman saya berlalu seraya bernyanyi, “Garuda di dadaku …”

Written by kbplpengkajian

September 8, 2013 pada 4:37 pm

Ditulis dalam As. Rakhmad Idris

Tagged with

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: