Kumpulan Laras Bahasa Lampung Post

kerja sama Kantor Bahasa Provinsi Lampung

Selamat Ulang Tahun

leave a comment »

Berbagai kata disampaikan untuk mengucapkan selamat kepada orang yang merayakan tanggal dan bulan kelahirannya, seperti kata selamat ulang tahun, selamat hari lahir, happy birthday, selamat milad, dsb. Kata milad dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia artinya waktu kelahiran atau hari kelahiran dan arti birthday dalam bahasa Indonesia adalah hari lahir. Nah, bagaimana dengan kata ulang tahun? Mengapa orang-orang memilih kata ulang tahun untuk mengungkapkan birthday atau hari kelahiran? Mengapa tidak selamat hari kelahiran saja seperti hari kelahiran Nabi Muhammad, hari Pahlawan, hari Kopri, hari Ibu, hari Natal, dsb.

Satu minggu terdiri dari tujuh hari yakni, Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu dan Minggu. Setelah satu minggu, hari akan berulang kembali dari hari Senin sampai dengan Minggu kembali. Satu tahun terdiri dari dua belas bulan dan setelah satu tahun, maka bulan akan berulang kembali yakni, dari Januari sampai dengan Desember. Selain itu ada pula daur ulang mengenai waktu, misalnya, ada ulang detik untuk tiap satu menit atau enam puluh detik, ada ulang menit tiap satu jam atau enam puluh menit. Akan tetapi, tidak pernah ada tahun yang berulang. Jadi, di manakah letak makna kata ulang tahun yang dirayakan dalam urusan bertambahnya umur atau usia seseorang?

Kata ulang tahun jika diartikan secara harafiah adalah tahun yang berulang. Jika kita menggunakan kata ulang tahun sebagai tanda peringatan tanggal dan bulan kelahiran tentulah kurang tepat karena tahun tidak akan pernah berulang. Tahun akan terus bertambah, dengan demikian akan bertambah pula usia atau umur kita.

Awalnya saya berpikir mungkin orang-orang hanya mengikuti apa yang menjadi kebiasaan di masyarakat.  Kata selamat ulang tahunlah yang sering digunakan oleh masyarakat dan di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) juga ditulis bahwa arti kata ulang tahun adalah hari lahir atau hari ketika suatu peristiwa penting terjadi.  Jika diartikan secara harafiah ulang tahun artinya tahun yang berulang. Namun bila diresapi kembali, ada kearifan dalam kata selamat ulang tahun tersebut. Tahun memang tidak akan pernah berulang.Tahun terus bertambah. Ketika kita memperingati hari kelahiran, kita diingatkan kembali pada tahun-tahun yang sudah berlalu. Ada suka dan duka yang akhirnya menimbulkan harapan-harapan di masa depan. Ulang tahun adalah saat kita berhenti sejenak dan merenungi kembali masa-masa yang telah berlalu agar kita bisa menjadi lebih baik.

Pesta, ucapan selamat dan hadiah akan lebih bermakna ketika sang manusia yang berulang tahun menyadari betul untuk apa sebuah hari dianggap begitu spesial. Sebuah hari yang bila tidak dinikmati akan terasa sama dengan hari-hari lain. Nikmati saja dan terimalah limpahan ucapan, hadiah dan doa dengan penuh rasa syukur.

Sekarang, terserah Anda mau menggunakan kata yang mana?Apakah ulang tahun, happy birthday, atau milad? Semua kata tersebut memiliki makna yang sama yaitu memberikan ucapan selamat hari lahir kepada orang yang merayakannya. (31-10-2012)

Written by kbplpengkajian

Maret 25, 2013 pada 4:49 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: