Kumpulan Laras Bahasa Lampung Post

kerja sama Kantor Bahasa Provinsi Lampung

Acuh

leave a comment »

TERINGAT lirik dangdut yang dipopulerkan oleh Ratna Antika yang berjudul Acuh Tak Acuh yang syairnya: Kau acuh, memang acuh, cintamu acuh tak acuh. Atau saat salah satu teman saya berkata “Ih, dia acuh banget ya sekarang sama aku.”

Penggunaan kata acuh pada lirik lagu di atas dimaksudkan bahwa kekasih yang tidak peduli lagi dengan pasangannya dalam urusan cinta mereka. Sedangkan kalimat kedua menyatakan bahwa teman yang telah berubah menjadi tidak peduli lagi. Hal ini tentu saja telah mengaburkan makna kata acuh yang sebenarnya dan merupakan fenomena yang salah kaprah dalam aktivitas berbahasa masyarakat Indonesia.

Kata acuh merupakan verba atau kata kerja yang dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) bermakna ‘peduli; mengindahkan’. Jika kita lihat artinya, tentu saja dalam konteks kalimat di atas, makna kata acuh telah mengalami perubahan makna. Pemakaian kata acuh di masyarakat justru jauh dari makna sebenarnya. Masyarakat mengganggap kata acuh bermakna tidak peduli.

Kesalahan makna yang sama terjadi pula pada kata bergeming. Contoh, “Dia sama sekali tidak bergeming saat melihatku.” Pada konteks kalimat ini, tidak bergeming menyatakan makna diam atau tidak bergerak. Namun, merujuk pada KBBI, kata bergeming saja telah bermakna tidak bergerak sedikit juga; diam saja. Jadi, tidak perlu memakai kata tidak yang menunjukkan pengingkaran.

Jadi, tulisan ini saya tujukan untuk meluruskan kekeliruan pada makna kata acuh dan tidak bergeming, mengingat kedua kata ini cukup sering dipakai dalam aktivitas berbahasa di masyarakat.

Written by kbplpengkajian

Juli 4, 2012 pada 6:52 am

Ditulis dalam Tri Adhitya

Tagged with

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: