Kumpulan Laras Bahasa Lampung Post

kerja sama Kantor Bahasa Provinsi Lampung

“Kimmy…Tanpamu aku galau”

leave a comment »

BEGITU celoteh seorang bintang iklan produk operator telekomunikasi swasta dengan jargon “antigalau”. Iklan tersebut sering muncul di layar kaca dan membuat penonton hafal karena diucapkan dengan nada yang khas.

Tulisan ini saya buat untuk membahas kata “galau” yang belakangan ini santer digunakan masyarakat, terutama pelajar dan mahasiswa. Berawal dari komunitas alay yang menggunakan kata ini, di dunia maya pun kata galau sering muncul di Twitter, status di Facebook, dan pesan singkat melalui telepon genggam atau SMS.

Kata galau merupakan adjektiva atau kata sifat yang dalam KBBI bermakna sibuk beramai-ramai; ramai sekali; kacau tidak keruan (pikiran). Jika kita lihat artinya, kata tersebut tetap mempertahankan maknanya. Kata galau dalam konteks kalimat tersebut tentu saja bermakna kacau tidak keruan, untuk menggambarkan keadaan pikiran yang kacau; campur aduk; tidak tenteram.

Sebelumnya kata ini merupakan kosakata dalam bidang sastra yang tidak digunakan dalam bahasa sehari-hari. Namun, kini menjadi kosakata keseharian. Makna kata ini hampir mendekati makna kata kalut, gundah, risau, dan lain-lain, akan tetapi mengandung nilai rasa yang berbeda.

Saya kira ada baiknya pembiasaan penggunaan kosakata yang jarang digunakan menjadi sering digunakan agar kekayaan kosakata bahasa Indonesia dapat terlihat. Dampaknya, dalam jangka panjang, kita tidak akan kehilangan kosakata karena ditinggalkan oleh pemakai bahasa. Dengan catatan, bukan memberlakukan sistem substitusi (mengganti). n

Written by kbplpengkajian

April 11, 2012 pada 3:26 am

Ditulis dalam Mujiasih

Tagged with

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: