Kumpulan Laras Bahasa Lampung Post

kerja sama Kantor Bahasa Provinsi Lampung

Sesuatu

leave a comment »

“Selamat Lebaran ya, semoga bisa menjadi sesuatu, Alhamdulillah bisa jadi sesuatu di bulan ramadan ini, “Sesuatu nggak menurut kamu?”

Bisakah anda menebak kutipan kalimat siapakah itu? Saya yakin, dari anak kecil hingga orang tua bisa menjawab pertanyaan ini. Penutur tersebut pasti Syahrini, mantan teman duet Anang Hermansyah yang kini fenomenal.

Demam Syahrini kini menjangkiti masyarakat kita. Tidak hanya eksistensi berbusananya yang ditiru, gaya bicara juga menjadi tren. Kata “sesuatu” begitu populer. Rekan – rekan selebritas Syahrini pun mulai ketularan dan latah mengucapkannya saat disorot kamera.

Ia mengaku, banyak orang yang mengikuti kata “sesuatu” namun salah menggunakan kata tersebut dalam kalimat. Lalu, ia pun mengajari bagaimana cara memakai kata ‘sesuatu’ yang benar menurutnya. “Kalau habis dandan aduh cantikya, sesuatu banget’, ujar Syahrini. Ia juga mencontohkan bagaimana pengucapan kata sesuatu itu dilontarkan.”Harus lemah gemulai ngomongnya,”jelas Syahrini.

Selain “sesuatu”, kata “alhamdulilah” juga tak kalah meledaknya. Saking populernya, sebuah peyedia layanan telekomunikasi memintanya untuk menjadi catatan suara. “Saya diminta oleh salah satu provider, karena banyak yang meminta dan mengunggah kata “Alhamdulillah yah, sebentar lagi lebaran dan Alhamdulillah yah, lebaran tahun ini dapat THR’,” tandasnya.

Menurut saya, entah apa yang istimewa dari ungkapan yang sering sekali diucapkan Syahrini ini. Sampai-sampai saat ini sudah menjadi buah bibir di mana-mana. Rasa-rasanya kata sesuatu dan alhamdulliah bukanlah kata yang asing untuk kita. Ah, mungkin (pikir saya), Syahrini publik figur sehingga apa yang dikatakannya menjadi sorotan banyak orang.

Sebenarnya apa sih arti sesuatu sebenarnya. Mari kita tengok Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Dalam kamus ini, sesuatu berarti barang atau hal yang tidak tentu (untuk menyatakan benda yg kurang tentu). Contohnya sesuatu yang ada padanya sangat dibutuhkan oleh orang lain.

Dari pengamatan saya di beberapa kalimat yang dilontarkan Syahrini, sesuatunya bisa berarti baik atau bagus. Semisal ya alhamdulillah ya, berarti banyak orang senang dengan logat saya. Dan kata-kata saya dianggap sesuatu”. Namun, tak jarang pula “sesuatu” bermakna abstrak. Contohnya semoga menjadi sesuatu banget.

Ini berbeda saat artis Peggy Melati Sukma memomulerkan kata pusing. Pusing versi Peggy berarti ungkapan kalau dia memang benar-benar pusing, di suatu kondisi atau pada lawan bicaranya. “Pusiiiiiingg…!” ujarnya dengan intonasi panjang dan centil.
Setiap sisi publik figur memang selalu menjadi sorotan. Mereka menjadi contoh bahkan teladan masyarakat. Andai syarat menjadi artis harus mampu berbahasa yang baik, niscaya bahasa Indonesia tidak begitu abstrak di telinga kita. Semoga menjadi sesuatu. Salam.

Written by kbplpengkajian

Februari 8, 2012 pada 1:45 am

Ditulis dalam Dian Anggraini

Tagged with

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: