Kumpulan Laras Bahasa Lampung Post

kerja sama Kantor Bahasa Provinsi Lampung

Ada Apa dengan ‘Nya’

leave a comment »

Dalam keseharian kita tidak terlepas dari surat menyurat, baik surat resmi ataupun surat pribadi atau perorangan. surat tersebut bisa dalam bentuk undangan, pemberitahuan atau maksud lainnya.

Disadari atau tidak, dalam pembuatan surat menyurat kadang kala terjadi kekeliruan yang sudah terbiasa, dan penerimaan surat sering mengabaikan kesalahan tersebut. Kesalahan terjadi pada bagian penutup surat. sebagai contoh, di dalam sebuah surat resmi misalnya, pada penutup surat sering ditemukan kata ganti orang ketiga tunggal ‘Nya’. Padahal sudah jelas di dalam surat tersebut ditujukan pada orang yang sedang membaca, bukan orang lain kemudian orang lain yang menyampaikan pada orang yang dituju. Jadi seharusnya kata ganti orang yang digunakan, yaitu orang kedua tunggal (anda/ bapak/ ibu/ saudara) sehingga makna yang dituju tetap pada orang yang membaca (yang menerima) surat tersebut, bukan orang lain (orang ketiga).

Misalnya pada penutup surat dituliskan seperti ini, atas perhatiannya diucapkan terima kasih. Yang seharusnya, atas perhatian (anda/ bapak/ ibu/ saudara) diucapkan terima kasih. Sangat penting bagi kita untuk menggunakan bahasa baku yang telah disempurnakan. Kesalahan-kesalahan seperti ini seharusnya tidak perlu terjadi lagi. ketelitian dan kecermatan kita sangat penting dalam membaca sebuah surat sehingga kita dapat mengetahui maksud dan tujuan surat tersebut. Semoga ke depan dalam penulisan surat menyurat, kita tidak lagi melakukan kekeliruan.

Written by kbplpengkajian

Januari 21, 2012 pada 2:59 am

Ditulis dalam Rohman sularno

Tagged with

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: